Deadline Penyampaian SPT Tahunan Tahun Pajak 2013

SPT Tahunan merupakan kewajiban setiap Wajib Pajak. Lalu Wajib Pajak itu siapa dan kenapa wajib menyampaikan SPT Tahunan 2013? Wajib Pajak merupakan  orang pribadi maupun badan (Persekutuan, CV, PT, maupun yayasan) yang telah mempunyai yang namanya NPWP aka Nomor Pokok Wajib Pajak.

SPT Tahunan itu wajib disampaikan setahun sekali, namanya juga SPT Tahunan :). Cara melaporkannya adalah menggunakan formulir SPT Tahunan. Ada beberapa macam jenis formulir ini yaitu :

  1. SPT Tahunan untuk badan, dinamakan formulir 1771.
  2. SPT Tahunan untuk orang pribadi, dinamakan formulir 1770.

Formulir 1770 ini sendiri ada tiga jenis yaitu :

  1. Formulir 1770, digunakan bagi orang pribadi yang melakukan usaha/pekerjaan bebas, contohnya pedagang, dokter, notaris, konsultan, dan sebagainya.
  2. Formulir 1770 S, digunakan bagi orang pribadi yang bekerja pada satu atau lebih perusahaan serta mendapatkan penghasilan dalam negeri lainnya.
  3. Formulir 1770 SS, digunakan bagi orang pribadi yang penghasilannya bukan dari usaha/pekerjaan bebas dan jumlah brutonya di bawah 60 juta satu tahun, contohnya karyawan perusahaan, pegawai honorer, dan sebagainya.

Pertanyaannya, jika penghasilan saya di bawah 60 juta boleh nggak pake formulir 1770 S?? jawabnya BOLEH..Bagaimana jika sebaliknya, penghasilan saya 80 juta, boleh kah pake formulir 1770 SS?? jawabnya adalah TIDAK BOLEH..

Yang perlu diperhatikan adalah deadline atau batas waktu pelaporan SPT Tahunan karena bisa-bisa kena denda kalau terlambat lapor, 100 ribu loo untuk orang pribadi, lumayan banyak kan buat langganan BB. Untuk orang pribadi paling lambat pelaporan adalah tanggal 31 Maret tahun berikutnya, jadi untuk lapor SPT Tahunan 2013,  paling lambat adalah tanggal 31 Maret 2014. Lo, tanggal 31 itu kan hari libur kawan? meskipun libur KPP tetap membuka pelayanan khusus yaitu penerimaan SPT Tahunan 2013. Tanggal 29 Maret 2013 juga loo, KPP tetap buka pelayanannya meskipun hari Sabtu. So, jangan sampe lupa nih, kena denda baru nyesel deh..

Sedangkan untuk SPT Tahunan Badan, paling lambat adalah tanggal 30 April tahun berikutnya, jadi untuk lapor SPT Tahunan Badan Tahun 2013, paling lambat tanggal 30 April 2014. Nah yang ini jangan sampe lupa dehh….karena dendanya kalau telat lapor maupun tidak lapor adalah satu jeti….

Bayarlah Pajaknya, Awasi Penggunaanya! Mertua Bijak Pilih Mantu Taat Bayar Pajak.

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.