Lapor SPT Tahunan bagi Pensiunan PNS, TNI/Polri

Punya ayah ibu atau saudara yang sudah pensiun dari PNS maupun TNI/Polri? Jangan lupa ingatkan meraka untuk tetap menyampaikan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi. Untuk tahun Pajak 2014 ini jatuh tempo pelaporannya adalah 31 Maret 2015.

Lalu bagaimana caranya melaporkan SPT tersebut karena gaji yang diterima pensiunan sudah nett alias sudah dipotong pajak?

Cukup mudah sebenarnya cara pengisian SPT Tahunan Orang Pribadi pensiunan PNS atau TNI/Polri, berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama adalah mencetak bukti potong A2 melalui website TASPEN untuk pensiunan PNS, atau website ASABRI untuk pensiunan TNI/Polri. TASPEN
  2. Masukkan nomor pensiun atau nomor NPWP (untuk taspen) dan nomor NIP/NRP (untuk asabri). ASABRI
  3. Selanjutnya, isikan informasi pada bukti potong A2 pada formulir SPT Tahunan 1770 SS dengan format sebagai berikut  1770 SS Pensiunan.

Cukup mudah bukan?jika belum dimengerti, silahkan kunjungi KPP atau KP2KP terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Incoming search terms:

spt tahunan pensiunanCara pelaporan spt tahunan perorangan yg pensiunancara isi efiling pensiunancara mengisi spt tahunan untuk pensiunandownload pajak untuk pensiunanKetentuan pembayaran pajak pph bagi pensiunan pns gurupajak pensiunan onlineSyarat pengurusan NPWP utk pensiunan

Share this post:

Related Posts

6 Comments

  1. Online Cara says:

    ini yang dicari
    lapor spt online secepatnya
    terima kasih ya banyak artikelnya

  2. Bastiana Maarisit says:

    Cara melapor pajak bagi pensiunan PNS

  3. kamal says:

    Om mau tanya, kemarin saya mau lapor spt tahunan ibu saya yg pensiunan tapi sama petugas kpp ditolak katanya sekarang harus online apakah betul? sementara org tua saya gak pernah pakai internet bahkan email saja tidak punya.

    • drpajak says:

      Pelaporan online di wajibkan bagi PNS, TNI, Polri..utk pensiunan sbnrnya tdk wajib…saran saya update data menjadi pensiunan (mgkin saat ini msh PNS) dan laporkan spt seperti biasa…

  4. Eliza P.A. UNGGU says:

    Saya pensiunan yang sudah ada SPT dari Taspen. Saya setelah pensiun dari ASN menjadi pegawai swasta dan akan membuat spt tahunan atas PPH (penghasilan> Rp 60.000.000)
    Pertanyaan saya, apakah saya melaporkan secara terpisah atau digabung. Kalau digabung bagaimana. Kalau dipisah apakah dua duanya mencantumkan uraian kekayaan yang sama pada masing masing laporan? Mohon informasi

    • drpajak says:

      Pak Eliza,,pelaporan hrs digabung atas semua pengh tahun tsb…utk mekanisme silakan hbgi kpp bapak…

      Semoga membantu

Leave a Comment

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.