Mekanisme Pemungutan PPN oleh Pemungut

Bagaimana sebagaimana mekanisme pemungutan PPN itu? Simak penjelasan berikut:

  1.  Secara umum PPN yang terutang atas transaksi penyerahan BKP/JKP dipungut sendiri oleh PKP Penjual. Dengan demikian,  pembeli BKP/JKP tersebut wajib membayar kepada PKP Penjual sebesar harga jual ditambah PPN yang terutang (10%). Mekanisme pemungutan PPN seperti ini PPN-nya harus dipungut sendiri.
  2. Dalam hal harga jual atau penggantian telah termasuk PPN, maka PPN yang terutang atas penyerahan BKP/JKP tersebut dihitung dengan formula : 10/110 x harga jual atau penggantian.
  3. Apabila pembeli BKP/JKP tersebut berstatus Pemungut PPN, PPN yang terutang atas transaksi penyerahanBKP/JKP tidak dipungut oleh PKP Penjual, melainkan disetor langsung ke kas negara oleh Pemungut PPN tersebut. Dengan begitu, Pemungut PPN hanya membayar kepada PKP Penjual sebesar harga jual, sedangkan PPN-nya (10%) disetor langsung ke kas negara.
  4. Pemungut PPN terdiri dari :
  • Bendaharawan Pemerintah baik Pusat maupun Daerah, yang dananya dari APBN/APBD (563/KMK.03/2003).
  • Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara (563/KMK.03/2003).
  • Badan Usaha Milin Negara (PMK-85/PMK.03/2012 (Berlaku sejak 1 Juli 2012) stdd PMK-136/PMK.03/2012 (Berlaku sejak 16 Agustus 2012))
  • Kontraktor kontrak kerja sama pengusahaan minyak dan gas bumi, dan kontraktor atau pemegang kuasa/pemegang izin pengusahaan sumber daya panas bumi (PMK-73/PMK.03/2010 (berlaku sejak 1 April 2010))

Skema PPN dipungut sendiri

ppn pungut sendiri

Skema PPN dipungut oleh Pemungut

ppn pungut

Incoming search terms:

mekanisme pemungutan PPNjelaskan mekanisme pemungutan ppnpemungutan ppnpengertian mekanisme pemungutan ppnminyak bumi mailcontoh ppn dipungut sendiriskema ppn

Share this post:

Recent Posts

One Comment

  1. Dewi says:

    bagaiaman tata cara pelaporan SPT MASA PPN jika PKP menjual barang ke pedagang eceran yang tidak memiliki NPWP sehingga faktur pajak masukan lebih banyak daripada faktur pajak keluaran pada e-faktur?
    Trims

Leave a Comment

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.