Objek Pajak Pertambahan Nilai

Apa saja yang menjadi objek Pajak Pertambahan Nilai itu?Secara umum, dapat dikategorikan ada dua objek PPN, yaitu :

1. Objek PPN Umum

Berdasarkan Pasal 4 ayat 1 UU No 42 Tahun 2009, Pajak Pertambahan Nilai dikenakan atas :

  • penyerahan Barang Kena Pajak di dalam Daerah Pabean yang dilakukan oleh Pengusaha;
  • impor Barang Kena Pajak;
  • penyerahan Jasa Kena Pajak di dalam Daerah Pabean yang dilakukan oleh Pengusaha;
  • pemanfaatan Barang Kena Pajak Tidak Berwujud dari luar Daerah Pabean di dalam Daerah Pabean;
  • pemanfaatan Jasa Kena Pajak dari luar Daerah Pabean di dalam Daerah Pabean;
  • ekspor Barang Kena Pajak Berwujud oleh Pengusaha Kena Pajak;
  • ekspor Barang Kena Pajak Tidak Berwujud oleh Pengusaha Kena Pajak; dan
  • ekspor Jasa Kena Pajak oleh Pengusaha Kena Pajak.

2. Objek PPN Khusus

PPN dikenakan atas :

  • Kegiatan membangun sendiri yang dilakukan tidak dalam kegiatan usaha atau pekerjaan oleh orang pribadi atau badan yang hasilnya digunakan sendiri atau digunakan pihak lain (Pasal 16C UU No 42 Tahun 2009).
  • Penyerahan Barang Kena Pajak berupa aktiva yang menurut tujuan semula tidak untuk diperjualbelikan oleh Pengusaha Kena Pajak, kecuali atas penyerahan aktiva yang Pajak Masukannya tidak dapat dikreditkan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (8) huruf b dan huruf c (Pasal 16D UU No 42 Tahun 2009).

Apa yang dimaksud dengan Barang Kena Pajak dan juga Jasa Kena Pajak? Definisi Barang itu sendiri terdiri dari barang berwujud (yang dapat berupa barang bergerak dan barang tidak bergerak) dan barang tidak berwujud.

Sedangkan jasa adalah setiap kegiatan pelayanan yang berdasarkan suatu perikatan atau perbuatan hukum yang menyebabkan suatu barang, fasilitas, kemudahan, atau hak tersedia untuk dipakai, termasuk jasa yang dilakukan untuk menghasilkan barang karena pesanan atau permintaan dengan bahan dan atas petunjuk dari pemesan.

Semua barang dan jasa pada dasarnya merupakan Barang Kena Pajak dan Jasa Kena Pajak, kecuali Undang-undang menetapkan sebaliknya

Barang atau jasa apa yang tidak dikenakan PPN? Selengkapnya di sini!

 

 

 

Incoming search terms:

objek ppnobjek pajak ppnobjek pajak pertambahan nilaiobyek ppnapa saja yang termasuk objek pajak pertambahan nilaiSebutkan objek pajak pertambahan nilaiapasaja objek pajak pertambahan nilaisebutkan objek pajak pertambahan nilisebutkan objek pajak pertamvahan nilaisebutkan objek pajk ppnSebutkan ojek pajak pertambahan nilai5 macam objek ppnsebutkan objek objek pajak ppniobjek ppn dan bukan objek ppnobjek pajak pertambahan nilai dan contohnyaobjek pajak penghasilan ppnjyang dimaksud dengan objek pajak pertambahan nilaisebutkanlah objek pajak pertambahan nilai

Share this post:

Recent Posts

Leave a Comment

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.