12

Pemusatan Tempat Terutang PPN

TEMPAT PENGUKUHAN PKP
PKP Orang Pribadi wajib dikukuhkan sebagai PKP pada setiap tempat kegiatan usahanya dimana terdapat penyerahan BKP atau JKP.

Sedangkan PKP Badan wajib dikukuhkan sebagai PKP pada setiap tempat kedudukan walaupun mungkin pada cabang tertentu tidak terdapat kegiatan penyerahan BKP atau JKP (misalnya di cabang kota X, PT AB mempuyai gudang penyimpanan, PT AB tetap harus dikukuhkan sebagai PKP) (Penjelasan Pasal 12 UU PPN).

Tempat terutangnya PPN dan PPnBM

Bagi PKP Orang Pribadi

PPN dan PPnBM terutang di tempat tinggal dan/atau tempat kegiatan usaha atau tempat lain. Bagi PKP Orang Pribadi yang mempunyai tempat tinggal tidak sama dengan tempat kegiatan usahanya, dikukuhkan dan terutang PPN dan PPnBM hanya di tempat kegiatan usahanya, sepanjang PKP tersebut tidak melakukan kegiatan usaha apapun di tempat tinggalnya (Pasal 1 ayat (1) dan pasal 2 PER-4/PJ/2010).

Bagi PKP Badan

PPN dan PPnBM terutang di tempat kedudukan dan tempat kegiatan usaha atau tempat lain (Tempat lain ini ditetapkan dengan Keputusan Direktur Jenderal Pajak) (Pasal 1 ayat (2) PER-4/PJ/2010).

Apabila PKP menginginkan untuk memusatkan administrasi pembuatan faktur dan pelaporannya, maka PKP tersebut harus mengajukan pemusatan PPN

TATA CARA PENGAJUAN PEMUSATAN PPN
Tata cara pengajuan pemberitahuan pemusatan PPN adalah :

  1. PKP menyampaikan pemberitahuan secara tertulis kepada Kakanwil yang membawahi KPP yang wilayah kerjanya meliputi Tempat Pemusatan PPN Terutang (format sesuai lampiran IV PER-19/PJ/2010).
  2. Pemberitahuan secara tertulis kepada Kepala Kantor Wilayah ini disampaikan dengan tembusan kepada Kepala KPP yang wilayah kerjanya meliputi tempat-tempat PPN terutang yang akan dipusatkan.
  3. Pemberitahuan kepada Kakanwil tersebut minimal memuat :
    1. nama, alamat, dan NPWP tempat terpilih sebagai pemusatan PPN Terutang
    2. nama, alamat, dan NPWP tempat PPN terutang yang akan dipusatkan dilampiri surat pernyataan bahwa administrasi penjualan dipusatkan pada tempat terpilih sebagai tempat pemusatan PPN terutang

Kakanwil menerbitkan SK Persetujuan  atau SK Penolakan paling lama 14 hari kerja sejak diterimanya pemberitahuan dari PKP. Dalam hal ditolak, maka PKP dapat menyampaikan pemberitahuan kembali dengan melengkapi syarat yang diperlukan.

SK Persetujuan berlaku selama lima tahun dan dimulai pada masa pajak berikutnya setelah tanggal SK.

TATA CARA PENAMBAHAN/PENGURANGAN TEMPAT TERUTANG PPN PEMUSATAN

  1. PKP menyampaikan pemberitahuan secara tertulis kepada Kakanwil yang membawahi KPP yang wilayah kerjanya meliputi Tempat Pemusatan PPN Terutang dengan menggunakan (format sesuai lampiran VI PER-19/PJ/2010).
  2. Pemberitahuan kepada Kakanwil tersebut minimal memuat :
    1. nama, alamat, dan NPWP tempat terpilih sebagai pemusatan PPN Terutang.
    2. nama, alamat, dan NPWP tempat PPN terutang yang akan dipusatkan dilampiri surat pernyataan bahwa administrasi penjualan dipusatkan pada tempat terpilih sebagai tempat pemusatan PPN terutang.

PERUBAHAN TEMPAT PEMUSATAN PPN
Dalam hal Pengusaha Kena Pajak telah mendapatkan persetujuan pemusatan tempat PPN terutang, PKP dapat memilih tempat PPN terutang yang lain sebagai Tempat Pemusatan PPN Terutang yang baru dengan syarat masa berlaku pemusatan di tempat lama sudah berjalan minimal 2 tahun, kecuali bagi PKP dengan tempat pemusatan awal yang secara permanen tidak ada lagi aktivitas usaha (jangka waktu minimal 2 tahun tidak berlaku baginya).

Tata cara melakukan perubahan tempat pemusatan PPN adalah :

  1. PKP wajib menyampaikan pemberitahuan secara tertulis kepada Kepala Kantor Wilayah yang membawahi KPP yang wilayah kerjanya meliputi tempat pemusatan PPN terutang yang baru dengan menggunakan (format sesuai Lampiran VII PER-19/PJ/2010).
  2. Pemberitahuan kepada Kakanwil tersebut minimal memuat :
    1. memuat nama, alamat, dan NPWP tempat Pajak Pertambahan Nilai terutang yang dipilih sebagai Tempat Pemusatan PPN Terutang;
    2. memuat nama, alamat, dan NPWP tempat Pajak Pertambahan Nilai terutang yang akan dipusatkan; dan dilampiri surat pernyataan bahwa administrasi penjualan dipusatkan pada tempat terpilih sebagai tempat pemusatan PPN terutang.

Kakanwil menerbitkan SK Persetujuan dengan menggunakan atau SK Penolakan paling lama 14 hari kerja sejak diterimanya pemberitahuan dari PKP.

SK Persetujuan berlaku selama lima tahun dan dimulai pada masa pajak berikutnya setelah tanggal SK persetujuan pemusatan diterbitkan.

TATA CARA PENCABUTAN PEMUSATAN TEMPAT PPN TERUTANG

  1. PKP menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada Kakanwil tembusan Kepala KPP masing-masing tempat kedudukan dan disampaikan paling lambat 2 bulan sebelum masa yang diinginkan untuk tidak lagi pemusatan.
  2. Kakanwil meneribitkan SK Pencabutan paling lama 5 hari kerja sejak diterimanya pemberitahuan dari PKP.

TATA CARA PERPANJANGAN JANGKA WAKTU PEMUSATAN TEMPAT PPN TERUTANG

  1. PKP menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada Kakanwil dengan menggunakan format sesuai Lampiran VIII PER-19/PJ/2010 paling lambat disampaikan 2 bulan sebelum jangka waktu pemusatan berakhir. Apabila tidak terpenuhi, maka PKP dianggap tidak memperpanjang jangka waktu pemusatan Pajak Pertambahan Nilai terutang. namun PKP dapat menyampaikan pemberitahuan pemusatan kembali dalam jangka waktu 2 tahun sejak SK persetujuan pemusatan berakhir.
  2. Kakanwil menerbitkan SK Persetujuan yang baru paling lambat 14 hari kerja sejak diterimanya pemberitahuan.

SK Persetujuan yang baru berlaku selama lima tahun dan dimulai pada masa pajak berikutnya setelah tanggal SK.

REFERENSI ATURAN 

  1. UU Nomor 42 Tahun 2009 (berlaku sejak 1 April 2010) tentang perubahan ketiga atas UU Nomor 8 Tahun 1983 tentang PPN barang dan jasa dan PPnBM.
  2. PER-19/PJ/2010 (berlaku sejak 1 April 2010) tentang penetapan satu tempat atau lebih sebagai tempat PPN terutang.
  3. PER-4/PJ/2010 (berlaku sejak 1 April 2010) tentang tempat lain selain tempat tinggal atau tempat kedudukan dan/atau tempat kegiatan usaha dilakukan sebagai tempat terutang terutang PPN atau PPN dan PPnBM.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.