Penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi secara e-filing

Penyampaian 1770 S atau 1770 SS secara e-filing Melalui www.pajak.go.id

A. DASAR HUKUM

  1. UU Nomor 28 TAHUN 2007 tentang perubahan ketiga atas UU Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (berlaku sejak 1 Januari 2008).
  2. PMK-152/PMK.03/2009 (berlaku sejak 29 September 2009) tentang perubahan PMK-181/PMK.03/2007 (berlaku sejak 1 Januari 2008) tentang Bentuk dan Isi Surat Pemberitahuan, serta Tata Cara Pengambilan, Pengisian, Penandatanganan dan Penyampaian Surat Pemberitahuan.
  3. PER-1/PJ/2014 tentang  tata  cara  penyampaian SPT  Tahunan bagi WP OP yang menggunakan Formulir 1770 S atau 1770 SS secara e-filing melalui website DJP (berlaku sejak 6 Januari 2014).

Lalu apa semua boleh lapor pajak secara online, 24 jam sehari, 7 hari seminggu? Sesuai PER-1/PJ/2014 di atur bahwa yang dapat menyampaikan SPT Tahunan secara e-Filing melalui website Direktorat Jenderal Pajak adalah WP OP yang menggunakan Formulir SPT Tahunan 1770 S atau Formulir SPT Tahunan 1770 SS. Untuk yang Formulir 1770, mohon maaf belum bisa yaa…:)

B.  TATA CARA PENYAMPAIAN SPT TAHUNAN SECARA E-FILING

WP yang menyampaikan SPT Tahunan secara e-filing melalui website Direktorat Jenderal Pajak  harus memiliki e -FIN.

Bagaimana cara memperoleh e-FIN untuk pelaporan pajak online? Cara memperoleh e-FIN adalah :

  1. e-FIN diterbitkan oleh KPP berdasarkan permohonan WP atau kuasanya.
  2. WP atau  kuasanya  menyampaikan  permohonan  secara  langsung  ke  KPP terdekat menggunakan formulir sesuai Lampiran PER-1/PJ/2014 dengan dilampiri:
  • asli kartu identitas diri Wajib Pajak atau kuasanya untuk ditunjukkan kepada petugas pajak;
  • fotokopi identitas diri dan fotokopi NPWP;
  • surat  kuasa  khusus bermeterai  dan fotokopi  identitas  diri  jika dikuasakan.

KPP harus menerbitkan e-FIN paling lama  1 (satu) hari kerja sejak permohonan diterima dengan lengkap dan benar. e-FIN disampaikan KPP secara langsung kepada WP atau Kuasa Wajib Pajak.

Lalu, apa langkah selanjutnya setelah mendapat e-FIN?

WP   yang sudah  mendapatkan  e-FIN,  harus  mendaftarkan  diri  melalui  website  Direktorat  Jenderal  Pajak paling lama 30 (tiga puluh) hari kalender sejak diterbitkannya e-FIN.  Pendaftaran dilakukan dengan mencantumkan:

  • alamat e-mail, dan
  • nomor handphone.

gunanya adalah untuk pengiriman kode verifikasi, notifikasi dan Bukti Penerimaan Elektronik.

WP yang sudah mendapatkan e-FIN tetapi tidak mendaftarkan diri sampai batas waktu yang ditentukan, maka atas e-FIN yang telah diterbitkan tidak dapat digunakan. Kalau ini terjadi, maka harus mengulang lagi langkah dari permohonan e-FIN. Begitu juga bila pada saat pendaftaran salah memasukkan alamat email, maka e-FIN juga tidak dapat di pakai lagi. Maka harus hati-hati dan teliti pada langkah ini.

Pengisian e-SPT Tahunan harus dengan benar, lengkap dan jelas dan jika hasil akhir menunjukkan status kurang bayar, WP harus membayar terlebih dahulu ke Kantor Pos atau Bank. WP yang telah mengisi aplikasi e-SPT harus meminta kode verifikasi lebih dahulu sebelum mengirim SPT. Kode Verifikasi akan dikirimkan melalui email. Fungsi Kode Verifikasi ini adalah sebagai pengganti tanda tangan elektronik yang seharusnya dibubuhkan pada Formulir SPT. Dalam hal hasil pengisian aplikasi e-SPT dinyatakan lengkap, kepada WP akan diberikan Bukti Penerimaan Elektronik sebagai tanda terima penyampaian SPT Tahunan melalui email.

 

Incoming search terms:

dasar hukum di keluarkanya efilingspt tahunan

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.