Cara ngurus SKB PPh Pasal 22 Impor Emas Batangan




Dear fellow readers, bagaimana caranya sih mengurus SKB PPh Pasal 22 impor? Terdapat dua impor yang perlu SKB jika pingin bebas PPh Pasal 22 yaitu:

  • Impor barang atau penyerahan barang di dalam negeri yang berdasarkan peraturan perundang-undangan tidak terutang PPh, dan
  • Impor emas batangan yang akan diproses untuk menghasilkan barang perhiasan dari emas untuk tujuan ekspor

Kali ini, fokus bahasannya adalah SKB PPh Pasal 22 impor emas batangan, untuk SKB PPh Pasal 22 impor lainnya akan di bahas di post berbeda (PER-1/PJ/2011 stdd PER-21/PJ/2014), stay tune!



SKB PPh Pasal 22 impor emas batangan

Ketentuan terkait pengajuan permohonan SKB PPh 22 impor emas batangan yaitu:

WP yang dapat mengajukan permohonan untuk diterbitkan Surat Keterangan Bebas adalah WP yang bergerak dalam bidang industri perhiasan emas untuk tujuan ekspor. (Pasal 3C PER-15/PJ/2011)

Cara pengajuan permohonan SKB PPh Pasal 22 impor emas batangan adalah : (Pasal 3D PER-15/PJ/2011)

  • Permohonan SKB diajukan secara tertulis kepada Kepala KPP Pajak tempat WP terdaftar dengan menggunakan formulir Lampiran II PER-15/PJ/2011
  • Permohonan SKB Pasal 22 impor ini dilampiri dengan :
    • Laporan Realisasi Ekspor dan/atau Impor serta Pernyataan Rincian Berat Emas, yang menjelaskan jumlah ekspor perhiasan emas dan impor emas batangan yang dilakukan pada tahun sebelumnya dengan menggunakan formulir Lampiran III PER-15/PJ/2011;
    • Laporan Realisasi Ekspor dan/atau Impor serta pernyataan rincian Berat Emas, yang menjelaskan jumlah ekspor perhiasan emas dan impor emas batangan yang dilakukan dalam tahun berjalan dengan menggunakan formulir Lampiran IV PER-15/PJ/2011;
    • Pemberitahuan Rencana Ekspor perhiasan emas dan pemberitahuan Rencana Impor emas batangan dengan menggunakan formulir Lampiran V PER-15/PJ/2011.
  • Permohonan akan disetujui jika WP telah memenuhi persyaratan sebagai berikut :
    • telah menyampaikan SPT Tahunan PPh Tahun Pajak terakhir sebelum tahun diajukan permohonan SKB;
    • tidak mempunyai tunggakan pajak

Penerbitan SKB SKB Pasal 22 impor oleh KPP : (Pasal 3E PER-15/PJ/2011)

  • Kepala KPP harus memberikan keputusan paling lama 1 (satu) bulan sejak permohonan diterima lengkap.
  • Apabila dalam jangka waktu 1 (satu) bulan sejak permohonan diterima lengkap belum ada keputusan, permohonan WP dianggap diterima.
  • Jika permohonan WP dianggap diterima, Kepala KPP wajib menerbitkan Surat Keterangan Bebas dalam jangka waktu 2 (dua) hari kerja setelah jangka waktu 1 (satu) bulan sejak permohonan diterima lengkap tersebut terlewati.
  • Jika permohonan WP ditolak, Kepala KPP harus menyampaikan pemberitahuan kepada WP.

Kewajiban WP yang telah memperoleh SKB Pasal 22 impor: (Pasal 3F PER-15/PJ/2011)

WP yang telah memperoleh SKB harus menyampaikan Laporan Realisasi Ekspor dan/atau Laporan Realisasi Impor serta Pernyataan Rincian Berat Emas yang dilampiri dengan fotokopi Pemberitahuan Ekspor Barang dan/atau Pemberitahuan Impor Barang/Customs Declaration atas ekspor perhiasan emas dan impor emas batangan yang telah dilakukan dalam tahun berjalan.

Bentuk formulir Laporan Realisasi Ekspor dan/atau Laporan Realisasi Impor serta Pernyataan Rincian Berat Emas adalah sesuai dengan Lampiran VII PER-15/PJ/2011



Laporan disampaikan paling lambat:

  • tanggal 15 Juli, untuk ekspor/impor yang dilakukan selama Masa Pajak Januari sampai dengan Juni;
  • tanggal 15 Januari, untuk ekspor/impor yang dilakukan selama Masa Pajak Juli sampai dengan Desember.

Dalam hal tanggal jatuh tempo penyampaian laporan tersebut bertepatan dengan hari libur termasuk hari Sabtu atau hari libur nasional, laporan dapat disampaikan pada hari kerja berikutnya.

Apabila sampai dengan tanggal jatuh tempo pelaporan WP tidak menyampaikan laporan tersebut, KPP memberikan himbauan tertulis kepada WP.

Apabila dalam jangka waktu 1 (satu) bulan setelah diterbitkan himbauan tertulis Wajib Pajak tidak menyampaikan laporan tersebut, Wajib Pajak yang bersangkutan tidak dapat diberikan SKB untuk Tahun Pajak berikutnya.

Surat Keterangan Bebas berlaku sejak tanggal diterbitkan sampai dengan berakhirnya Tahun Pajak yang bersangkutan. (Pasal 3G PER-15/PJ/2011)

PER-15/PJ/2011 ini telah diubah beberapa kali dengan PER-06/PJ/2013 dan terakhir dengan PER-31/PJ/2015, namun ketentuan terkait SKB PPh Pasal 22 impor emas batangan tetap berlaku.

Incoming search terms:

surat keterangan bebas pajak pph 22 impor emas




Show Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!